The Real World War Z

Pertengahan Desember 2019 ,pertama kali saya membaca berita yang memuat tentang sebuah virus itu di china, yang pada waktu itu mereka belum menamakan virus itu dengan sebutan khusus,saya yakin semua orang pasti menyepelekan berita itu danmenganggap berita itu hanya seperti berita berita yang lain ,yang dalam hitungan hari atau Minggu akan berlalu begitu saja.Tetapi,penyebaran virus itu yang termasuk cepat, mulai menyita perhatian terutama memasuki bulan januari,banyak portal berita yang memuat tentang virus ini,dan sekali lagi mungkin,selain di tempat pusat virus ini muncul, Wuhan,semua orang tidak begitu peduli,menganggap bukan suatu yang begitu penting atau peduli,namun virus ini mulai memakan korban hari demi hari.
Di bulan februari dimana semua masyarakat China mulai mempersiapkan tahun baru Imlek, virus ini telah menyebar begitu cepat dan memakan korbam begitu banyak di wuhan,saat itu,pemerintah China telah memutuskan lock down propinsi itu,jumlah korban yang mulai berjatuhan mulai dengan angka yang fantastis,saat saya membaca dan mengikuti berita itu setiap hari,terbersit ada semacam perasaan kengerian ,tapi perasaan yang seandainya saya berada disana,tempat wabah itu berada,sekali lagi,kita merasa itu hanya terjadi di Wuhan.terlebih kali,banyak ahli atau sumber yang menguatkan bahwa virus itu tidak akan bisa bertahan di iklim tropis yang panas,membuat saya,dan saya yakin banyak orang disini,juga merasa sangat tenang,bahwa virus ini hanya terjadi di sana.Kita merayakan perayaan Imlek disini dengan perasaan nothing happen, everything look fine sambil mengerti,dan mengikuti perkembangan berita bahwa di Wuhan sana,virus ini telah mengubah perayaan imlek di China menjadi kacau balau yang seharusnya begitu semarak di satu negara.Kembali lagi disini,kami masih berpikir bahwa itu hanya terjadi di china saja,bahkan saya sempat bercanda dengan salah satu kolega awas ada corona,dan semua tertawa.
Pada awal maret, pemerintah mulai mengumumkan ada kasus positif corona di jakarta,dan itu ada dua kasus, kembala lagi,kita masih tenang sementara di belahan dunia lagi,china telah mengalami penurunan dan pemerintah telah berhasil mengontrol wabah ini dan rakyatnya sudah bisa merasakan ketenangan dan malah mengganti rakyat di belahan negara lain yang mulai terjadi kepanikan dimulai dari eropa,dimana italia,iran mulai menunjukkan tingkat keparahan yang buruk,disusul spanyol,prancis,jerman dan hampir semua negara Eropa.
Saat saya menulis tulisan ini,satu dunia telah panik dengan hampir semua negara terpapar dan jumlah penularan naik begitu cepat,setiap hari jumlah kasus dan kematian naik signifikan,eropa telah menjadi tidak terkontrol, sementara Indonesia telah mencapai 1000 kasus dengan kematian hampir hampir mencapai 100 orang.
 Dulu,suasana begini hanya bisa kita dapatkan dari menonton film,ada beberapa film yang dibuat dengan kondisi kejadian seperti itu oleh virus,dimana satu dunia habis,jalanan sepi dan kita semua hidup dalam ketakutan.Nah,apa yang terjadi dalam cerita film itu,kini, adalah nyata dan saya ga percaya, bahwa kita, sekarang merasakan apa yang terjadi dalam film.
 Kita semua hidup dalam kecemasan, ketakutan layaknya situasi perang,tidak ada rasa keamanan , kita saling curiga satu sama lain,saya tahu,perasaaan saya dengan yang lain itu sama, sama sama hidup dalam ketakutan dan kecemasan, tidak ada satu keyakinan dan keselamatan yang sangat yakin, hanya bisa menjaga. Musuh yang  tidak kelihatan, hidup mati  seperti begitu ga berjarak dan bisa dimana dan kapan saja. Inilah the real world war z. 

Komentar

Postingan Populer